Senin, 05 Oktober 2015

DESKRIPSI LOMBA PLC


   A.   KETERAGAN :
Definisi plc atau Programmable Logic Controller adalah  sistem elektronik yang beroperasi secara dijital dan didisain untuk pemakaian di lingkungan industri, dimana sistem ini menggunakan memori yang dapat diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsi-fungsi spesifik seperti logika, urutan, perwaktuan, pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O dijital maupun analog . Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengoperasikan PLC berbeda dengan bahasa pemrograman biasa. Bahasa yang digunakan adalah Ladder, yang hanya berisi input-proses-output. Disebut Ladder, karena bentuk tampilan bahasa pemrogramannya memang seperti tampilan tangga. Disamping menggunakan pemrograman ladder, PLC juga dapat diprogram dengan pemrograman SFC dan pemrograman ST, untuk yang ST sudah jarang digunakan lagi.


B.    PESERTA  :
  1.   Peserta adalah pelajar SMA/SMK sederajat se-Jawa, perseoragan atau tim
  2. Satu tim terdiri dari dua orang (Satu menjadi ketua) dan berasal dari sekolah yang sama
  3. Satu sekolah tidak dibatasi mengirimkan perwakilanya berupa tim atau perseorangan .



C.   KONSEP LOMBA:
  1.  Peserta mampu menyelesaikan kasus/soal yaitu diselesaikan dengan bahasa pemegoram ladder diagram dan program berjalan dengan benar dalam bentuk simulasi software maupun hardware .
  2. Terdiri dari 2 babak :
    • Penyisihan dan Final Masing-masing tim menyelesaikan soal mensimulasikannya dengan software plc dengan durasi tertentu
    •  Final Menyelesaikan soal dan mensimulasikannya ke hardware PLC dan mempresentasikan penyelesaian soal
D. Software: cx – progamer

E. Hardware: OMRON CP1E


Contact Person : 
  • 082257177349 ( ANDRIS KURNIAWAN)
  • 085730828137 ( HANIF WIGUNG .N )
  • 085648480500 ( SOIVAN )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar